Welcome to our blog...

Welcome to our blog....

Disini Anda dapat sharing tentang semua hal yg berhubungan dengan bisnis dan investasi.

* Mungkin selama ini Anda mempunyai pertanyaan seputar investasi yang sedang atau akan Anda jalankan, silakan..
* Mungkin Anda mempunyai pengalaman atau tips berbisnis dan berinvestasi, silakan...

Jumat, 16 September 2011

Akhir Tahun, Emas Lampaui $2,000


Monexnews - Proyeksi pergerakan harga Emas di masa depan memang menarik untuk disimak. Berbagai ramalan dan harapan sejak lama dilontarkan banyak pihak, tetapi butuh waktu untuk membuktikannya.

Seperti apa yang diprediksi oleh beberapa analis Thomson Reuters GFMS. Mereka menyebut harga emas akan berada di atas $2,000 per ons di akhir tahun 2011. Namun tim analis Thomson Reuters mengakui bahwa prediksi tersebut memang terlalu konservatif untuk beberapa investor.

"Investor harus ingat kalau pada awal tahun terlihat beberapa profit taking saat harga jenuh dan saham masih menikmati momen kenaikan," ujar Philip Klapwijk, Analis Thomson Reuters. Masalah hutang eropa dan perlambatan ekonomi menggiring investor ke aset safe haven. Volume kepemilikan emas untuk kepentingan investasi idealnya mencapai 1,000 metric ton di semester II. Jumlah tersebut setara dengan nilai $60 miliar jika rerata harga emas diasumsikan sebesar $1,815 sepanjang periode tersebut.

Lebih lanjut, bank sentral antar negara juga mendukung lonjakan harga. Volume beli otoritas pemerintah sudah tercatat lebih dari 200 metric ton pada semester I, atau lebih dari dua kali lipat dibanding catatan sepanjang tahun 2010. Sementara pembelian emas untuk perhiasan juga masih naik meski harga sedang tinggi. Penjualan emas perhiasan semester I naik 7,5% dibanding tahun lalu. Padahal harga melonjak sampai 25% pada periode tersebut.

Di sisi lain, produksi pertambangan juga tumbuh 4,9% pada paruh tahun dan berpotensi untuk naik lagi. "Kenaikan volume produksi adalah peringatan bahwa kenaikan belum solid di jangka menengah dan panjang," tutup analis Thomson Reuters. Komoditi ini tidak akan kebal dari koreksi-koreksi kecil dari setiap kenaikan baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar